Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

membuat virtual drive window xp


Membuat Virtual Drive di Windows XP
Feb  21 2012
Karena ada request dari beberapa pengunjung yang ingin membuat virtual drive pada Windows XP, maka kami mencoba mengakomodir permintaan tersebut dan memberikan tutorial bagaimana cara membuat virtual drive pada OS windows XP.
Sebelumnya, kami akan sedikit menjelaskan apa itu virtual drive pada Windows. Drive adalah sebuah pengalokasian dari media penyimpan data yang dirutkan dalam bentuk huruf mulai dari A sampai dengan Z. Drive A dan B adalah alokasi dari floppy drive (disket), sedangkan C – Z adalah alokasi drive untuk hard disk dan CD/DVD, Rom/RW.
Virtual drive adalah pengalokasian virtual (bayangan) yang dikhususkan untuk menyimpan file tertentu yang sebenarnya bukan drive asli dari media penyimpan data. Pada windows XP, biasanya digunakan sebagai virtualisasi dari folder pada drive yang lain.
Sebagai contoh, jika pada drive D terdapat folder DataPribadi yang akan divirtualisasi ke drive lain semisal drive Q, maka isi dari virtual drive Q adalah folder DataPribadi pada drive D. Perubahan apapun yang dilakukan pada folder D:\DataPribadi akan berpengaruh pada virtual drive Q dan begitu juga sebaliknya.
Masih bingung? Lebih jelasnya, langsung saja ikuti petunjuk berikut ini.
Kita asumsikan anda sudah memiliki folder DataPribadi di drive D yang berisi dokumen penting anda. Buka command prompt dengan cara klik Start, Run, ketik CMD kemudian tekan tombol Enter.
Ketik subst Q: “D:\DataPribadi” kemudian tekan tombol Enter

Buka Windows Explorer, anda akan melihat sebuah drive Q baru yang berisikan file yang ada pada folder DataPribadi pada drive D. Isinya sama karena drive Q hanya virtualisasi dari folder DataPribadi.
Apakah ini permanent? Atau hanya bersifat sementara?
Drive virual ini hanya bersifat sementara dan akan kembali hilang pada saat komputer direstart ulang.
Bagaimana jika ingin merubahnya secara permanent?
Cukup mudah, hanya perlu membuat file executable dan mengedit sedikit data pada registry Windows. Pertama, buka apliaksi notepad, ketikkan subst Q: “D:\DataPribadi” dan simpan file tersebut pada drive C dengan nama datapribadi.bat

Selanjutnya, buka registry Windows dengan cara klik tombol Start, Run, ketik REGEDIT kemudian tekan tombol Enter. Klik My Computer >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Run.

Pada window sebelah kanan, klik New, String Value dan beri nama dengan Autoexec, kemudian tekan tombol Enter.

Ubah isinya dengan cara klik kanan pada Autoexec, kemudian klik Modify dan isi C:\DataPribadi.bat

Selanjutnya, tutup registry editor dan segera restart komputer anda.

Setelah komputer mennyala anda akan memiliki virtual drive baru yang berisi data penting anda. Jika ingin menambahkan folder lain untuk drive virtual baru, anda hanya perlu mengedit file DataPribadi.bat. Tambahkan baris baru dan isikan folder lain sesuai dengan keinginan anda selama huruf abjad masih belum digunakan.

Jika tidak ingin lagi menggunakan virtual drive, cukup hapus file DataPribadi.bat pada drive C atau bisa juga dengan merubah namanya agar tidak di eksekusi pada saat windows baru berjalan. Jangan lupas hapus entry dari registry Windows.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0 komentar:

Posting Komentar